Input Device

Input device merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk memasukan suatu data dan perintah kedalam suatu sistem komputer. Alat input ini tidak bisa bekerja dengan fungsinya tanpa adanya suatu software yang menjadi pendukungnya atau sering kita kenal dengan nama Driver.

Jenis – jenis input :

  1. Input langsung merupakan suatu alat input komputer yang langsung bisa diproses tanpa harus ada konfigurasi terlebih dahulu seperti keyboard dan mouse
  2. Input Tidak langsung merupakan suatu alat input komputer yang sebelum digunakan harus melewati suatu proses tertentu seperti harddisk atau bahkan flashdisk.

Contoh Input :

1. Keyboard

23-828-001-33

Keyboard merupakan perangkat input(masukan) pada komputer yang berfungsi untuk memasukkan data  berupa huruf A s/d Z, angka 1 s/d 0 serta simbol-simbol tertentu seperti titik, koma, titik dua, tanda kutip dan lain sebagainya.

2. Mouse

10497231

Mouse merupakan sebuah alat masukan(input) yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor. alat ini sangat berguna untuk sistem operasi yang berbasis grafis.

3.Webcam

c922-pro-stream-webcam

WebCam merupakan sebutan bagi kamera real time yang gambarnya bisa di akses melalui WWW (World Wide Web), program instant messaging atau aplikasi video call yang dapat memasukkan hasil data dan dibentuk dalam format digital.

4. Joystick

Bluetooth-4-0-Wireless-Gamepad-Controller-Joystick-For-Android-Phone-PC-A8-Wireless-Bluetooth-Gamepad-Game

Joystick merupakan alat masukan yang di gunakan untuk memasukkan perintah kepada pemain dalam sebuah permainan pada komputer.

5. Scanner

9599259_ra

Scanner merupakan alat input yang memiliki fungsi hampir sama seperti mesin fotocopy dengan prosesnya penggunaannya mencopy data objek lalu di pindahkan kedalam memori yang dapat dilihat hasilnya pada layar monitor.

6. Microphone

SP01EAS_166799_800x800

Microphone merupakan alat input yang digunakan untuk memasukkan sinyal suara kepada komputer.

Leave a comment

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑